Labels

About Me

Kang Raahman, mungkin ini yang sering kita dengar. Beliau adalah seorang pemuda yang berusaha membangun khilafah Islamiyah. Melahirkan pemuda-pemuda yang melek jihad dan tetap menjunjung tinggi al-qur'an dan hadits. Pandangan Beliau selalu tajam dan itu menunjukkan ketegasan Beliau.
Semoga Allah swt menjadikan Beliau seorang Khilafah Islamiyah.

Makanlah Menurut Rasulullah saw أكل ووفقا لهذا النبي الكريم

| 14 November 2010 |


Makanlah Menurut Rasulullah saw

Makan adalah suatu hal yang harus kita lakukan. Karena makan adalah hal pokok yang jika kita tidak melakukannya maka hilanglah raga kita. Makan di dalam Islam mempunyai aturan yang jelas. Baik yang telah tertulis di dalam al qur’an atau hadits yang sumbernya dari perkataan Rasulullah saw.

Adab untuk makan sangat jelas di dalam Islam. Rasulullah saw telah bersabda:
“Sesungguhnya aku duduk sebagaimana seorang hamba duduk dan makan sebagaimana seorang hamba makan”

Rasulullah saw memberikan contoh kepada umat Islam untuk duduk diwaktu makan. Mungkin masyarakat zaman dulu belum tahu bahwa apa fungsi makan dengan posisi duduk. Faedah dari makan di posisi duduk diantaranya:
1.     Menghindari jegukan, karena makanan yang dari tenggorokan terlalu cepat turun tanpa adanya proses peremukan di daerah bawah tenggorokan.
2.     Menghindari kegemukan, karena jika posisi perut kita terlipat maka secara otomatis masih ada ruang di dalam lambung kita. Sehingga kita tidak merasa kenyang yang menyebabkan kita menjadi gemuk.*
3.     Supaya tidak berlebihan dalam makan. *point2. Kita juga sudah tahu bahwa sifat berlebih-lebihan adalah sifat setan. Dan Allah swt telah berfirman:
“... Makan dan minumlah kamu, tetapi jangan melampaui batas ...” [1]


Dari referensi buku lain menyebutkan bahwa ada  ketentuan yang baik untuk makan, yaitu:
1.     Seseorang hendaklah memakan yang telah menjadi kebiasaan penduduk negerinya.
2.     Jika merasa jijik terhadap suatu makanan, janganlah makanan itu di makan.
3.     Hendaklah seseorang memakan buah-buahan negerinya di waktu datang musim berbuahnya. [2]


Ada tambahan hadits yang masih bersangkutan dengan makan, yaitu:
“Meninggalkan makan malam, mempercepat) ketuaan” [3]

Dari hadits ini kita simpulkan bahwa, sesungguhnya Rasulullah saw menganjurkan kita untuk selalu mekan di waktu malam. Bukan hanya pagi dan siang saja. Mungkin para dokter spesialis tubuh berpendapat bahwa makan diatas jum 5.00 sore menyebabkan kegemukan. Namun jika Rasulullah saw telah berkata demikian, bukan kita tidak mempercayai dokter, namun kita lebih menjunjung tinggi sabda Rasulullah saw sebagai pedoman hidup kita.

Ada seseorang datang kepada Rasulullah saw dan berkata:
“Ya Rasulullah saw, sungguh aku diberi kesehatan lalu aku bersyukur lebih ku sukai daripada aku diberi bala (cobaan) lalu aku bersabar. “
Rasulullah saw menjawab: “Dan aku menyukai engkau berada dalam kesehatan” [4]

Subhanallah, betapa mulianya insan sang rakhmat semesta Alam. Sholawat dan salam wajib kita haturkan ke junjungan Nabi Besar kita Muhammas saw. Semoga bermanfaat.



Keterangan:
[1] Qur’an Surat Al-A’raf ayat 31
[2] “Sistem Kedokteran Rasulullah saw” Karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah Penerjemah DR. H. S. Agil Al-Munawar. MA. Dan Drs Abd. Rahman Umar th 1994 Cet. I  Hal. 2-3 Semarang: Dina Utama
[3] Hadits Riwayat Turmudzi dan Ibnu Majah
[4] Hadits Riwayat Turmudzi dari Abdurrahmman bin Abi Laila, dari Abi Dardaa’

Perhatian! Dilarang copy-paste di entri ini. Hak Cipta telah dilindungi Undang-Undang.



Silahkan Anda mencari berbagai wacana yang telah Saya buat. Hubungi Saya di email: luqmababdurrahmanshaleh@gmail.com handphone: +6285649335665


0 komentar:

Labels

Blog Archive